Karya Tulis Ilmiah



GAMBARAN KEBIASAAN SARAPAN PAGI, STATUS GIZI DAN PRESTASI BELAJAR MURID KELAS V MADRASAH IBTIDAIYAH DARUL QUR’AN KELURAHAN KOTALAMA KECAMATAN KEDUNG KANDANG KOTA MALANG

Prodi : PROGRAM STUDI DIPLOMA III GIZI
Pengarang : QOYYIMATUN NISA
Dosen Pembimbing : Ibnu Fajar, SKM. M.Kes
Klasifikasi/Subjek : , Kebiasaan Sarapan Pagi, Status Gizi, Prestasi Belajar.
Penerbitan : , Malang: 2017.
Bahasa : Indonesia
PENYIMPANAN
Lokasi : ---
Jumlah : 0

Abstraksi

ABSTRAK Qoyyimatun Nisa, 2017. “Gambaran Kebiasaan Sarapan Pagi, Status Gizi dan Prestasi Belajar Murid Kelas V Madrasah Ibtidaiyah Darul Qur’an Kelurahan Kotalama Kecamatan Kedung Kandang Kota Malang”. (Dibawah Bimbingan : Ibnu Fajar, SKM. M.Kes) Kebiasaan mengabaikan sarapan pagi selain menurunkan prestasi belajar anak juga mengakibatkan tubuh tidak mendapatkan asupan zat gizi yang cukup sehingga menurunkan status gizi dan akhirnya kembali mempengaruhi prestasi belajar anak tersebut. Berdasarkan hasil survei pendahuluan melalui wawancara dengan guru Madrasah Ibtidaiyah Darul Qur’an diketahui bahwa 70% murid kelas V Madrasah Ibtidaiyah Darul Qur’an Kelurahan Kotalama Kecamatan Kedung Kandang Kota Malang tidak biasa sarapan pagi. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk mengkaji dan mengetahui tentang gambaran kebiasaan sarapan pagi, status gizi dan prestasi belajar pada murid kelas V di Madrasah Ibtidaiyah Darul Qur’an Kelurahan Kotalama Kecamatan Kedung Kandang Kota Malang. Pengambilan data penelitian dilakukan di Madrasah Ibtidaiyah Darul Qur’an Kelurahan Kotalama Kecamatan Kedung Kandang Kota Malang. Jenis penelitian ini adalah observasional dengan rancangan penelitian menggunakan desain penelitian Cross Sectional. Jumlah sampel diambil dari murid kelas V di Madrasah Ibtidaiyah Darul Qur’an Kelurahan Kotalama Kecamatan Kedung Kandang Kota Malang adalah 24 responden. Data yang diambil adalah nilai rata-rata UTS dan UAS pada semester terakhir, kebiasaan sarapan pagi dan asupan saat sarapan pagi diperoleh dari kuisioner kebiasaan sarapan pagi dan hasil recall 2 hari 24 jam, data berat badan dan tinggi badan serta gambaran umum siswa dan gambaran umum sekolah. Hasil penelitian menunjukkan dari 24 murid kelas V Madrasah Ibtidaiyah Darul Qur’an terdapat 14 murid (58%) tidak terbiasa untuk melakukan sarapan pagi, murid yang berstatus gizi kurus sebanyak 3 murid (13%), serta murid yang memiliki prestasi belajar kurang sebanyak 14 murid (58%). Responden yang tidak memiliki kebiasaan sarapan lebih banyak memiliki prestasi belajar kurang sebanyak 13 responden (54%). Berdasarkan hal tersebut diharapkan pihak institusi/ sekolah dan orangtua dapat menjadikan hasil penelitian ini sebagai bahan kajian untuk memberikan wawasan tentang ilmu gizi mengingat masih banyak murid yang tidak terbiasa melakukan sarapan pagi serta masih terdapat juga murid yang memiliki status gizi kurang. Kata Kunci : Kebiasaan Sarapan Pagi, Status Gizi, Prestasi Belajar.



Lampiran

File BAB-1 : [ Unduh ]

File BAB-2 : [ Unduh ]

File BAB-3 : [ Unduh ]

File BAB-5 : [ Unduh ]

File Daftar Pustaka : [ Unduh ]

File Lampiran : [ Unduh ]